Translate

31 October 2009

Apakah SebuahTop Ranking Blog dapat Dibangun dalam 1 malam?

Penulis : Deny Eko Yuwono

Mengamati traffic blog-blog yang sudah mapan terkadang membuat kita ngiler. Lantas bertanya-tanya apakah blog ini dibangun dalam waktu semalam. Tentu keberuntungan juga yang membuat blog tersebut dibanjuri pengunjung.
Kenyataannya, dari pengalaman saya sendiri perlu waktu berbulan-bulan untuk mendatangkan traffic ke blog pertama saya, cuma rasa penasaran yang membuat saya masih bertahan. Ide-ide dan rasa frustasi datang silih berganti dalam benak saya. Setelah belajar kesana kemari, ternyata kunci yang paling pokok dalam membuat blog adalah ide, ide dan ide yang orisinil dan belum pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Namun itu semua belum cukup. Hal-hal berikut ini yang perlu diperhatikan dalam membuat blog dari awal :

  1. Idea, temukan tema yang benar-benar baru karena mengekor tema orang lain sama artinya seorang bayi yang baru lahir bertempur dengan tentara yang telah terlatih dan ditempa perang selama bertahun-tahun. Ini sama saja bunuh diri. Setelah menemukan tema yang tepat fokuslah dengan ide pada tema tersebut.
  2. Tehnik, jangan pernah merasa puas dengan petunjuk pembuatan dan optimasi blog dari sebuah buku saja. Sebuah buku hanya berarti 1 pengalaman orang saja, sedangkan kita memerlukan ratusan bahkan ribuan pengalaman orang untuk kita pelajari dan membuat kita mampu mengalahkan mereka satu-persatu.
  3. Ketekunan, anda mungkin frustasi dengan hasil karya anda sendiri yang bagaikan kuburan, tetapi mental andalah kini yang menentukan apakah anda layak menjadi top blog owner ataukah cuma menjadi pecundang.
  4. Pikiran Terbuka, janganlah seperti katak dalam tempurung yang merasa pengetahuan dan semua yang anda miliki sudah cukup. Kritik dan saran selalu ada manfaatnya bagi kita.
  5. Selalu cari kelemahan dari blog anda sendiri, dengan demikian blog anda akan terus berkembang menuju kesempurnaan.
Tulisan diatas mungkin saja tidak berguna bagi anda, tetapi setidaknya ada sesuatu untuk direnungkan kalau ingin menjadi seorang blogger yang sukses.

Salam hormat.


No comments: