Translate

29 July 2012

Mana yang lebih baik Mozilla Firefox atau Google Chrome?


Saya telah bertahun-tahun mempergunakan browser si rubah api(Mozilla red.) selama ini segala kenyamanan yang saya inginkan dalam merseluncur didunia maya sudah saya dapatkan bersama si rubah, plug-in yang beraneka macam dan mudah di-download, kerja sama si rubah dengan mbak Alexa juga sangat menjanjikan karena konon plug-in Alexa dapat meningkatkan Alexa Rank blog kita bila rajin membuka melalui browser pribadi kita yang sdh terinstal plug-in Alexa. Sekali lagi, ini konon.
Memang saya juga beberapa kali mencoba meng install dan menggunakan Browser lain, tetapi belum menemukan yang sepraktis dan seefektif Mozilla.
Fungsi lain selain browsing, semisal untuk download, Mozilla juga cukup mumpuni.
Beberapa hari yang lalu ketika membuka halaman Log In blogger yang merupakan underbownya om Google, ada terselip peringatan bahwa Browser saya tidak supported blogger dan kemungkinan ada beberapa hal yang tidak bias tampil. Waduh… apalagi ini?!  Setelah sekian lama kok baru sekarang?
Saya langsung curiga, Om Google si empunya blogger.com tentu ingin saya memakai browsernya sendiri, apalagi kalau bukan si Google Chrome. Oke lah siapa takut, serta merta saya langsung download Chrome.
Keyakinan saya adalah Chrome dikembangkan oleh para insinyur Google yang telah menjadi raksasa dan penguasa nomer satu   di dunia cari-mencari di internet. Dari segi kecepatan dan kepraktisannya tentu tidak perlu diragukan lagi. Yang pasti aktifitas blogging saya pasti akan terbantu setelah pindah browser, demikian pemikiran saya. Jreng! Download, jreng ! browsing…. Siap tempur!!
Satu hari, no problem. Dua hari tigahari mulai terkuak sedikit demi sedikit kelemahan crome (sst..sengaja saya tulis huruf kecil dan saya hilangi huruf “H”-nya takut ntar di banned sama si juragan Google).  Tp Google itu hebat, keren karena saya pake penyedia blog gratisan milik google juga pake adsense punya si om. He he he….
Browsing relative lambat..
Download Speed standar…
Menu simple maksa…
Hedeh…..ampun ya juragan tetapi sepertinya masih perlu sedikit perbaikan deh punya anda. Tapi anehnya menurut saya perbaikannya adalah kurangi  ketelitan (aneh bukan?) dan coba lebih flexible.
Ini penjelasannya :
Sebagai contoh sederhana :
ketika membuka Halaman Facebook yang ber alamat http://facebook.com si krom kadang kebingungan bahkan sering terhenti, nah setelah ditambahkan garis miring setelah alamat http://facebook.com/ baru mau terbuka dengan cepat. Inilah contoh unsur kecanggihan dan ketelitian Google yang justru mengganggu. Seperti kita ngobrol tentang suatu penyakit sederhana dengan seorang Dokter spesialis, malah membingungkan dan menjemukan, padahal obatnya cuma satu yaitu di-kerok!
Download peluang gagalnya juga besar karena chrome mensyaratkan beberapa hal untuk memindahkan file, dengan menu yang membingungkan dari Tab Download yang terbuka. Ini baru saja saya alami ketika mendownload Winamp terbaru, setelah saya kembali pake Mozilla tidak ada masalah serupa.
Trus juga ini sekedar saran, menguasai sih boleh aja tapi jangan berusaha memonopoli, ini justru akan mengurangi nilai tambah di mata pengguna internet.
Saya masih boleh pake gratisannya ya om….


No comments: