Translate

08 December 2013

Apa arti pagerank bagi saya ?

     Para webmaster atau blogmaster memulai proyek SEO dengan mempelajari teori-teori dan parameter yang ditentukan oleh webmaster pendahulu mereka. Para pioneer yang telah terlebih dahulu malang melintang di internet, entah sukses atau tidak, namun setidaknya mereka menemukan beberapa teori dari apa yang telah mereka lakukan selama ini. Para "pendahulu" tersebut akhirnya berusaha "menjual" teori mereka kepada para pemula.Tentu saja mereka mendapatkan keuntungan sesuai keinginan mereka.
Parameter penting popularitas sebuah situs atau blog yang diyakini oleh banyak orang adalah Google Pagerank.
     Semakin tinggi angka PR (pagerank) diasumsikan bahwa situs tersebut semakin popular, khususnya di mata search engine, dan dipastikan memiliki traffic yang lebih baik. Dan bagi yang telah me-monetize melalui google adsense, dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar. Ini adalah sebuah asumsi.
Fakta di lapangan adalah bahwa google PR lebih terpengaruh oleh link in dan link out dari situs. Bukan traffic. Link in adalah jumlah blog lain yang memasang link kita di blog mereka, ini berkorelasi postif dengan angka PR kita, terutama bila blog yang ng-link ke blog kita mempunyai PR yang baik (PR 2, 3, atau diatasnya). Dipastikan PR kita akan merangkak naik lebih cepat, atau malah melompat secara mengejutkan. Link out adalah link blog atau situs lain yang kita pasang di blog kita. Inilah yang berpengaruh negatif terhadap PR kita, apalagi blog yang kita link mempunyai PR 0. Semakin banyak kita memasang link orang lain maka justru angka PR kita akan turun. Atau tetap NOL.
Secara mengejutkan beberapa blog yang saya kelola PR nya mengalami penurunan hingga ke angka 1 pada review bulan ini, padahal satu diantaranya adalah the mainstay, penyumbang traffic terbesar dibandingkan yang lainnya. Jujur saya sempat galau, blog ini selain penyumbang traffic utama dan penghasil dolar terbesar, juga merupakan jangkar bagi puluhan blog saya yang lain, artinya ia mencantumkan link dan membagi traffic bagi yang lain. Tapi... Ooo.. ternyata itu kuncinya, memasang link dan membagi traffic, perhatikan kalimat saya yang ber under line, itu lah yang menjungkalkannya.

Tapi kenyataannya, blog itu (http://gizibayi.blogspot.com/) tetap memiliki traffic yang besar dan adsense earningnya relatif stabil.

Artinya google PR tak lebih sekedar gagah-gagahan saja karena banyak rekan blogger yang nge-link ke kita, dan kita sombong(dalam artian positif) karena minim memasang link blog lain. Tentu saja "kesombongan" ini tidak dapat diperoleh dalam semalam dan  dengan cara sembarangan, posting anda haruslah istimewa dan tak ada matinya, sekaligus anda harus menjadi orang yang ulet dan tahan banting memelihara blog. 

Ingat sekali lagi, PR hanyalah untuk gagah-gagahan saja, fokuskan kerja anda untuk meraih traffic real dan pembaca yang setia. Salam Blogger.

No comments: