Translate

25 August 2015

Tetap Sederhana dan Informatif

Ketika bro & sis terus sibuk memepercantik blog sembari mengamalkan ajian SEO yang paling populer, paling manjur dan paling mutakhir. Blog anda pun akan menjadi semakin sempurna, bahkan tanpa anda sadari akan menjadi terlalu complicated.


Pada awalnya audien akan terus bertumbuh hingga pada satu titik, kita akan kebingungan untuk mengembangkannya lagi. Dan kemudian terjun bebas. Mati. Dan terlupakan.
Untuk kali ini tidak kita singgung tentang memonetized blog, karena tentu sebagian dari bro & sis telah menjadi lebih expert dibandingkan saya sendiri. Tapi tidak ada salahnya kita saling berbagi tentang pengalaman mengembangkan blog berikut pahit getir yang kita alami.
Kembali ke bahasan semula, bagi blog yang telah mengalami puncaknya, setiap blog memiliki masa dan ukuran puncaknya masing-masing, grafik yang kian menurun tentu menggelisahkan kita selaku pemiliknya. Alangkah baiknya kita telaah mengapa hal itu kemudian terjadi, apakah kejenuhan pasar pembaca? Informasi yang basi? atau hal lainnya tentu saja banyak penyebabnya. Tapi ide awal sebuah blog adalah informasi yang mudah didapat, mudah dicerna dan "tanpa pamrih".
Mari kita kembalikan blog ke khitah-nya sehingga ide awal tentang informasi "gratis" di internet dapat terwakili oleh Blog kita sehingga tidak akan ditinggalkan oleh audien yang notabene adalah para pencari informasi gratisan.
  1. Rombak blog anda yang rumit menjadi paling sederhana, secara langsung hal ini akan mempercepat waktu buka halaman blog, untuk daerah yang cover jaringannya masih terbatas ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan, sebuah blog yang loadingnya terlalu lama akan langsung ditinggalkan pengunjungnya bahkan ketika halamannya belum terbuka sepenuhnya, itu pasti.
  2. Baca kembali blog anda, apakah informasinya masih uptodate, sesuai fakta atau menarik untuk diikuti. Kalau anda sendiripun menjadi malu membaca tulisan sendiri, remove aja post-nya. he he he.
  3. Teruslah menulis, bahkan jika traffic anda tinggal se-uprit. Ini akan membantu anda survive hingga melalui masa sulit.

No comments: